Saat hendak mengirimkan barang ke luar negeri pastikan sudah mengetahui berbagai produk atau komoditi yang diperbolehkan. Hal ini untuk menghindari terjadinya penolakan saat pengiriman. Untuk mengetahui hal tersebut tanyakan pada pihak jasa ekspor pilihan Anda.

Barang yang Boleh Dikirimkan ke Luar Negeri Menggunakan Jasa Ekspor

Contoh Barang yang Boleh Dikirim Menggunakan Jasa Ekspor

Barang-barang tertentu diperbolehkan untuk diperdagangkan secara internasional selama tidak melanggar ketentuan dari pihak negara. Selain minyak, rempah-rempah, dan tekstil masih banyak produk yang bisa diekspor. Berikut ulasan singkat mengenai hal tersebut:

Alas Kaki

Siapa yang menyangka alas kaki bisa menembus pasar internasional? Ternyata peminat akan barang ini cukup tinggi sehingga masuk dalam salah satu produk dengan tingkat ekspor tinggi dari Indonesia.

Alas kaki tersebut merupakan sandal hingga sepatu yang kebanyakan merupakan hasil buatan pihak UMKM. Salah satu di antaranya dengan bahan asli kulit sehingga tampak berkelas dan berkualitas. Maka dari itu, tidak kalah saing pula dengan hasil pabrik.

Emas dan Perak

Indonesia terkenal dengan adanya kekayaan sumber daya alam termasuk pada emas dan perak. Hal ini menjadikan permintaan akan kedua logam mulia tersebut juga meningkat dari pasar luar negeri. Baik yang berbentuk utuh maupun sudah menjadi perhiasan.

Anda bisa mempertimbangkan produk dari emas atau perak ini sebagai salah satu barang yang dapat dijual hingga ke luar negeri. Untuk pengirimannya cukup menggunakan jasa ekspor dimana sudah berpengalaman mengirimkan produk antar kota bahkan negara.

Hasil Pertanian dan Perkebunan

Hasil pertanian dan perkebunan juga menjadi salah satu komoditi yang dapat diperjualbelikan secara internasional. pengirimannya bisa sangat banyak dalam sekali kirim. Hal ini tentu bisa membantu para petani untuk mengembangkan usahanya.

Bisa berupa kopi, sawit, karet, dan berbagai turunannya menjadi beberapa contoh dari hasil perkebunan dan pertanian yang dapat diekspor ke luar negeri. Namun, ada beberapa syaratnya yaitu kebutuhan dalam negeri sudah tercukupi terlebih dahulu.

Masih banyak komoditi serta barang yang bisa Anda jadikan sebagai produk untuk dijual ke luar negeri. Lebih lengkapnya bisa mencari tahu pada situs Kementerian Perdagangan maupun bertanya pada jasa kirim luar negeri pilihan atau jasa ekspor. Selain itu, masih banyak produk UMKM pilihan lainnya dengan potensi pasar internasional tinggi misalnya fashion dan aksesoris.