Banyaknya ide kreatif yang muncul dari desainer lokal sehingga memunculkan beragam koleksi menarik di tengah pandemi seperti jaket pelindung diri. Akan tetapi fungsinya untuk perlindungan dari virus sehingga bahan pembuatnya sedikit berbeda dan umumnya tidak tahan lama.

Cara Merawat Jaket Pelindung Diri

Cara Merawat Jaket Pelindung Diri

Umumnya, jaket pelindung diri seperti ini terbuat dari bahan parasut waterproof yang transparan, ringan dan cenderung tipis. Atas dasar tersebut sehingga perlu cara perawatan khusus supaya tahan lama dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Maka, berikut ini langkah-langkah perawatannya:

1. Rendam Air

Langkah pertama adalah merendam jaket dengan air hangat atau dingin selama kurang lebih 15 sampai 30 menit. Hal ini karena pakaian tersebut telah digunakan untuk aktivitas luar ruangan yang rentan terkena virus corona sehingga harus dibersihkan dengan ekstra.

Saat merendamnya pun Anda bisa menambahkan sabun tanpa busa. Misalnya seperti shampoo atau sabun bayi. Tidak boleh menggunakan detergen yang memiliki busa karena akan sering mencuci jaket tersebut sehingga rentan rusak.

2. Gosok perlahan

Langkah selanjutnya adalah gosok atau kucek secara perlahan jaket tersebut setelah 15 atau 30 menit untuk menghilangkan beberapa kotorannya. Anda pun juga bisa menggunakan sikat dengan bulu lembut sehingga lebih bersih.

Akan tetapi apabila jaket terbuat dari bahan parasut, Anda cukup menggosoknya dengan lembut. Maka, kotoran akan segera luntur. Selain itu, perendaman yang sebelumnya juga berfungsi untuk meluruhkan virus sehingga lebih mudah dicuci.

3. Angin-anginkan

Setelah selesai, maka bilas jaket dengan air mengalir sampai bersih dari sisa-sisa sabun yang menempel. Setelah itu baru gantung menggunakan hanger di tempat sejuk sehingga jaket bisa cepat kering.

Anda juga harus tahu bahwa dalam menjemur jaket tersebut sebaiknya tidak terkena cahaya matahari langsung. Sebab, akan merusak kain atau bahkan memudarkan warnanya sehingga cukup meletakkannya pada tempat teduh saja.

Itulah cara mudah merawat jaket pelindung diri. Meskipun begitu, ketika memakainya Anda juga bisa langsung menggantungnya pada tempat sejuk kemudian menyemprotnya dengan disinfektan. Hal ini untuk menghindari mencuci baju terlalu sering yang bisa merusak kain.