Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa alat elektronik printer telah menjadi alat paling penting dalam urusan pekerjaan yang selalu berkaitan erat dengan dokumen. Itu karena dengan begitu, pekerjaan menjadi cepat selesai. Namun, jika terjadi kesalahan ada baiknya Anda ketahui cara mengatasi error printer.

Cara Mengatasi Error Printer

Tidak semua merk printer yang mahal dan terkenal sekali pun, tidak akan pernah mengalami masalah. Seperti misalnya eror atau bahkan rusak, jangan salah mengira. Ada kalanya alat elektronik juga bisa terjadi eror dan sebagai pengguna sudah seharusnya memperbaiki agar kembali seperti semula.

1. Printer Eror Dengan Kode E08
Salah satu jenis eror yang seringkali terjadi pada printer, yaitu eror dengan kode E08. Biasanya orang lain mengenal masalah ini dengan sebutan Ink Absorber Is Almost Full. Beberapa printer memang mempunyai sensor, guna mendeteksi volume tinta yang diserap oleh busa penyerapnya. Namun, seringkali tidak akurat.

Biasanya akan terjadi kesalahan, seperti misal saat menuangkan tinta justru jatuh ke printer. Hal inilah yang menyebabkan printernya eror. Jadi, ada baiknya Anda mencoba untuk membongkar bagian printer lalu coba lepas juga ink absorbernya (penyerap tinta), bersihkan dan pasangkan lagi.

2. Printer Eror Dengan Kode E13
Kemudian, ada lagi jenis eror dengan kode E13. Namun, untuk masalah satu ini biasanya termasuk eror paling umum dan selalu terjadi ada semua merk printer. Jadi, untuk bisa mengatasi masalah satu ini Anda tidak perlu repot sampai membongkar keseluruhan bagian dari alat elektronik tersebut.

Biasanya masalah eror seperti berkaitan erat dengan tinta yang hampir habis. Namun, jika memang Anda sudah memastikan bahwa tintanya masih banyak. Cobalah untuk menekan tombol stop / resume di bagian printernya sampai indikatornya menunjukkan angka satu.

Jika Anda mengalami salah satu kejadian eror seperti pada penjelasan di atas, cobalah untuk melakukan beberapa cara mengatasi error printer yang sudah ada pada pembahasan artikel ini. Bila masih muncul eror, cobalah sebanyak dua kali sampai benar-benar teratasi. Jika masih tidak bisa, bawalah saja ke tempat sevice.