Cara melatih anak agar mau berbagi akan memberi pengaruh yang besar dan berkelanjutan. Berbagi sendiri memiliki makna luar biasa bagi semua orang. Hal ini juga terbukti mampu menanamkan banyak nilai positif dan membantu membentuk kepribadian yang ramah dan dermawan.

Beberapa Cara Membiasakan Anak Suka Berbagi

Cara Melatih Anak agar Mau Berbagi Sejak Dini

Dilansir dari https://hasnapreneur.com Seperti layaknya kebiasaan makan, minum, tidur dan keseharian lainnya berbagi kepada sesama juga mudah untuk diterapkan dalam kehidupan anak-anak. Namun hal ini juga disertai dengan upaya orang tua dalam membiasakan pengajaran yang tepat.

Menghargai Barang Milik Anak

Bagaimana anak bersikap adalah cerminan dari sikap orang tua. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menghargai setiap benda milik anak. Misalnya dengan meminta izin sebelum menggunakan barang milik orang lain termasuk milik anak sendiri.

Dengan menghargai barang milik anak maka akan menimbulkan persepsi buah hati bahwa saat orang lain menggunakan barangnya itu akan membantu. Dengan demikian, anak akan merasa senang dan tidak keberatan untuk berbagi.

Menggunakan Rasa Empati

Saat ingin mengajak si kecil turut berbagi, sampaikan bagaimana kondisi subjek penerima yang tengah membutuhkan bantuan. Buat anak-anak melihat kondisi dari keadaan tersebut dan ikut membayangkan bagaimana kesulitan yang dihadapi orang lain.

Rasa empati tersebut akan membantu si kecil untuk lebih murah hati dan senang berbagi. Misalnya saat ada teman tidak mempunyai mainan, ajaklah anak merasakan bagaimana sedihnya tidak punya mainan. Katakan bahwa kawannya akan gembira jika dipinjami mainan.

Memuji Anak Saat Mau Berbagi dan Tidak Menghukumnya Jika Belum Mau

Hargai dan berilah pujian untuk setiap hal baik yang dilakukannya. Termasuk kegiatan berbagi meski hanya sebuah benda kecil. Sampaikan bahwa anak telah melakukan hal yang benar dan itu sangat hebat. Biarkan si kecil melihat bahwa apa yang diberikannya berarti bagi orang lain.

Namun jika yang terjadi justru sebaliknya, jangan menghukumnya, apalagi dengan hukuman yang tidak sesuai atau berlebihan. Menghukum dan memarahi akan membuatnya semakin sulit belajar dan memperbaiki kesalahan

Demikian cara melatih anak agar mau berbagi. Orang tua juga harus menjaga konsistensi cara pengajaran yang tepat dan bijak agar anak terus terbiasa dengan hal baik. Termasuk dengan perilaku berbagi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.